Minggu, 30 Agustus 2015

Pengertian Software, Fungsi, dan Jenis-Jenis


Assalamu'alaikum, berhubungan dengan tugas guru produktif. Kali ini saya akan menjelaskan seputar pengerian, fungsi, jenis-jenis dan contoh Software. Secara umum, Pengertian Sofware adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware (perangkat keras).

Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis atau diciptakan oleh programmer yang selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh mesin hardware.

1. Fungsi Software - Dalam peran yang penting dalam berjalannya sistem komputer, tentu memiliki fungsi-fungsi khusus yang dimiliki software. Fungsi-fungsi software tersebut antara lain sebagai berikut..
Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung
Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama.
Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware
Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware.
Mengidentifikasi program

2. Pembagian Sofware - Secara garis besar, Software dapat dibedakan menjadi beberapa bagian antara lain sebagai berikut..

a. Sistem Operasi adalah perangkatl lunak yang mengorganisasikan semua komponen mesin komputer.

Contoh-Contoh Sistem Operasi
Macintosh
Linux
Unix
Microsft Windows

b. Program Aplikasi (Siap Pakai) adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Program Aplikasi dibedakan dalam beberapa jenis aplikasi antara lain sebagai berikut..
Pengolah kata (word processor), contohnya : Ms. Word, Word Star, Word Perfect
Pengolah angka (spread sheet), contohnya : Exel, Lotus, Quattro pro
Pengolah data (database), contohnya : Ms. Access, Dbase, Foxpro
Pengolah citra (drawing, contohnya : Adobe photoshop, Corel Draw, 3DStudio.

c. Program Bantu (Utility) adalah suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi.

Contoh-Contoh Program Bantu (Utility)
Moxilla firefox
Anti Virus
Winamp
FLV Player
PC Tools

d. Bahasa Pemrograman adalah suatu program yang berbentuk assambler compiler atau interpreter.

Contoh-Contoh Bahasa Pemrograman
ASP
HTML
Visual Basic
Pascal
Java
Delphi
PHP

3. Jenis - Jenis Software - Software dibedakan dalam beberapa macam bagian yang terdiri dari setiap jenis-jenis software berdasarkan dari bentuk, dan fungsinya. Jenis-jenis software antara lain sebagai berikut...
Freeware adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa dengan batasan waktu. Freeware umumnya disumbangkan kepada komunitas-komunitas, namun memiliki hak sebagai pengembang dan pengontrol dalam pengembangan aplikasi selanjutnya. Freeware akan memberikan source kode (kode sumbernya) jika pengembang aplikasi berhenti mengembang produk freeware kepada pengembang lain atau mengumumkan freeware tersebut bebas untuk dikembangkan secara bersama-sama.
Shareware adalah perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Shareware merupakan perangkat lunak uji coba yang bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut dan sebagai strategi marketing pengembangan aplikasi Shareware. Shareware disebut juga dengan Trialware.
Firmware adalah aplikasi perangkat lunak yang tersimpan di ROM (Read Only Memori). Firmware tidak dapat berubah walau tidak dialiri oleh listrik dan tidak dapat diubah tempat penyimpananya di ROM tetapi dapat dimodifikasi bergantung dari jenis ROM nya seperti EEPROM atau Flash ROM, masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.
Commercial Software adalah perangkat lunak untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada pendistribusi, pengembang software, atau kepada rekan pengembang software. Pengguna yang membeli software tersebut tidak dapat menyebarluaskan atau membagikan ulang software secra bebas dan tanpa ijin penerbitnya akan diilegalkan. Contoh software berbayar (commercial software) adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Microsoft Visual Basic NET. Commercial Software dilindungi Undang-Undang Hak Cipta.
Free Software adalah perangkat lunak yang bebas untuk di utak atik baik itu bebas digunakan, disalin, dimodifikasi dan diubah dengan beberapa keharusan yang dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Dalam konsep kebebasan, setiap orang dalam perangkat lunak bebas ini, dapat mengkomersialkan dan mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya, serta dapat menyebarkan luas secara gratis. Istilah free software diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation (organisasi nirlaba dan merupakan sponsor utama dari proyek GNU). Sekarang ini, perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun atau dikembangkan oleh suatu komunitas terbuka. Menurut Richard Stallman mengenai Pengertian Free Software adalah perihal kebebasan, bukan harga. Untuk mengerti konsepnya, Anda harus memikirkan kata 'bebas' seperti dalam "kebebasan berpendapat", bukan bebas' dalam arti "bir gratis".
Open Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya untuk diubah, dipelajari, ditingkatkan, dan disebarluaskan karena sifat perangkat lunak sumber terbuka adalah pengembangan oleh suatu komunitas atau kelompok yang terbuka mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka.
Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem komputer, jejaring komputer tanpa izin dari pemiliknya. Malware disebut sebagai perangkat perusak yang berasal dari kata Malicious dan Software. Istilah virus komputer digunakan sebagai sebutan dalam jenis perangkat perusak. Jenis-jenis perangkat perusak meliputi virus komputer, kuda troya (trojan horse), perangkat iklan (adware), cacing komputer, rootkit, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak jahat lainnya.

Demikianlah mengenai Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis dan Contohnya. Semoga bermanfaat . Dan semoga postingan ini memuaskan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH SISTEM OPERASI MUTUAL EXCLUSION AND SYNCHRONIZATION

  DAFTAR ISI   KATA PENGANTAR .. i DAFTAR ISI . ii BAB I PENDAHULUAN .. 1 1.     Latar Belakang Masalah . 1 2.     Rumusan Masal...