Kamis, 29 September 2016

Instalasi Jaringan WAN

Sebelum ke Instalasi sebaiknya saya memposting hal-hal yang berkaitan dengan jaringan WAN. Jaringan WAN adalah jaringan komunikasi data yang tersebar pada suatu area geografis yang besar. WAN selalu menggunakan fasilitas transmisi yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi.

Sebelum instalasi jaringan WAN, beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan, diantaranya :
1. Router
2. Modem
3. Switch ( Boleh menggunakan boleh tidak)

Berikut topologi jaringan WAN yang akan kita gunakan :

Langkah pertama adalah dengan memasangkan perangkat seperti topologi di atas, dengan memasang modem ke ether1 di router dan LAN (switch) di ether2 di router.

Setting ip address pada router, biasanya saya menggunakan winbox, memperoleh ip address pada ether1 (modem) secara otomatis, kita bisa menggunakan DHCP client.
>IP>DHCP client>add
masukan interface ether 1, karena modem tersambung ke ether1, usahakan semua keterangan di centang, jika anda tidak ingin ribet dalam membuat DNS, gateway.

kemudian anda akan mendapakan Ip untuk ether1 (misalnya 192.168.1.5/24), setelah itu anda tinggal memasukkan ip address untuk ether2.

>ip>addresses>add
masukan address (disini saya menggunakan 192.168.88.1/24) dan interface yang terhubung ke komputer ( ether2)

setelah itu kita seting NAT pada firewall
>ip>firewall>nat>add
isi chain=srcnat out.interface=ether1(karena yang terhubung ke internet) dan pada tab action pilih action=masquerade

nah sejauh ini anda sudah berhasil mengkonfigurasi router agar komputer terhubung dengan internet, namun anda juga harus menyeting iip address komputer anda. jika anda ingin menggunakan dhcp pada komputer anda, anda bisa menggunakan dhcp server pada router dengan interface ether2.

sekian yang bisa saya posting untuk kali ini, jika ada yang kurang saya mohon beritahu saya,,:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar